LOGO puskesmas meninting
Beranda > Berita > Pertemuan Rapat Validasi Dan Evaluasi Data Gizi Dan Kia
Berita Utama

Pertemuan Rapat Validasi dan Evaluasi data Gizi dan KIA

Posting oleh puskesmasmenintinglobar - 25 Juli 2023 - Dilihat 5.119 kali

Selasa, 25 Julis 2023 - Pertemuan Rapat Validasi dan Evaluasi data Gizi dan KIA di aula Puskesmas Meninting dan beberapa tamu undangan yang  hadir yaitu kepala desa, kader pendamping, bidan desa, koordinator bidan, koordinator gizi dan petugas gizi. Hal ini yang dibahas adalah :

1. Evaluasi Program Gizi dan KIA: Membahas pencapaian dan perkembangan program gizi dan KIA yang telah dilaksanakan dalam periode tertentu. Dalam evaluasi ini, diidentifikasi kemajuan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program.

2. Analisis Data Gizi dan KIA: Meninjau data yang telah terkumpul tentang status gizi ibu hamil, balita, dan anak-anak lainnya. Data ini akan dievaluasi untuk menentukan prevalensi stunting, underweight, wasting, dan masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan gizi dan KIA.

3. Pemantauan Pertumbuhan Balita: Menggambarkan hasil pemantauan pertumbuhan balita yang telah dilakukan selama periode tertentu. Jika ada kasus stunting atau masalah pertumbuhan lainnya, langkah-langkah intervensi akan dibahas untuk memperbaiki situasi tersebut.

4. Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan: Melihat efektivitas program pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil, balita, dan anak-anak di bawah risiko gizi. Diskusi tentang peningkatan keberhasilan program ini juga mungkin terjadi.

5. Pelatihan dan Pengembangan Kader dan Petugas Gizi: Membahas upaya untuk meningkatkan kapasitas kader pendamping, bidan desa, koordinator bidan, koordinator gizi, dan petugas gizi dalam memberikan pelayanan gizi dan KIA yang lebih baik.

6. Koordinasi antar Tim dan Pihak Terkait: Membahas sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak terkait, termasuk puskesmas, kader, dan pemerintah desa, untuk meningkatkan efektivitas program dan pelayanan gizi serta KIA.

7. Perencanaan Tindak Lanjut: Menetapkan langkah-langkah tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi dan diskusi dalam rapat. Perencanaan ini akan mencakup langkah-langkah perbaikan program gizi dan KIA serta peningkatan pelaksanaan di masa mendatang.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *